Sistem Database Perpustakaan Menggunakan Microsoft Access

Dalam pengelolaan perpustakaan banyak sekali kendala jika sistem administrasinya masih menggunakan sistem manual. Dapat dibayangkan betapa sulitnya membuat suatu laporan seperti melihat daftar buku yang dikembalikan, total denda dalam satu periode, histori peminjaman, dan lain-lain.

Di sini saya membuat sistem database perpustakaan menggunakan Microsoft Access 2016 yang dapat membantu sistem administrasi perpustakaan pada umumnya. Berikut beberapa fitur yang terdapat di sistem data base ini:
  1. User; demi keamanan sistem database, maka sistem ini mengharuskan log in sebelum menggunakannya, setiap user dikelola oleh user yang kita sebut "SuperAdmin" untuk mengatur otorisasi atau pembatasan aktifitas user. Jika pengguna bukan pengurus dapat juga log in menggunakan nomor keanggotaan namun hanya bisa melakukan pencarian buku saja. Seluruh pengguna yang log in akan terekam dalam sistem dan dapat dilihat oleh pengurus yang memiliki otoritas.
  2. T-Code; ini terletak pada tampilan awal sebelum anda log in, fungsinya adalah sebagai antisipasi juka super admin lupa pasword atau usernya sehingga tidak bisa mengelola user. T-code ini hanya diketahui oleh creator saja demi keamanan data. untuk menggunakan feature harus menghubungi creator.
  3. Data Master; seperti data judul buku, penerbit, keanggotaan, letak penyimpanan buku dan penambahan stock buku.
  4. Transaksi; seperti peminjaman buku, pengembalian, pembatalan peminjaman dan penghapusan pengembalian.
  5. Report; meliputi report keanggotaan, report peminjaman, report pengembalian, stock buku (berapa yang dipinjam dan berapa yang tersedia), kemudian dilengkapi dengan pendapatan denda.
  6. Informasi; pencarian buku, histori peminjaman, histori peminjaman anggota, bantuan tentang cara penggunaan sistem, dan informasi creator

    download di sini




Komentar